Berita Dunia Otomotif Mobil Formula 1: Biografi Jack Brabham Pembalap Legendaris Dunia

Artikel berita dunia otomotif mobil formula 1 kali ini, kami akan menurunkan sosok dan kiprah pembalap legendaris dunia asal Australia, Jack Brabham.

Sir John Arthur “Jack” Brabham lahir pada April 1926  dan meninggal 19 Mei 2014. Adalah seorang pembalap Australia, ia adalah juara Formula 1 pada tahun 1959, 1960, dan 1966. Dia adalah seorang pendiri tim balap Brabham dan mobil balap konstruktor yang menyandang namanya. Ia memberikan kontribusi untuk desain pertengahan bermesin mobil yang Cooper diperkenalkan ke Formula Satu dan Indianapolis 500, dan memenangkan kejuaraan dunia Formula Satu pada 1959 dan 1960. Pada tahun 1962 ia mendirikan marque Brabham sedengan sesama orang Australia Ron Tauranac, yang di tahun 1960 menjadi produsen terbesar mobil balap pelanggan di dunia. Di Formula Satu musim 1966 Brabham menjadi yang pembalap pertama – dan masih satu-satunya – pembalap yang tercatat dalam sejarah dunia otomotif mobil formula 1, yang  memenangkan kejuaraan dunia Formula 1 dengan mengemudi milik salah satu mobilnya sendiri. Dia adalah yang pembalap terakhir yang masih hidup pada pagelaran Juara Dunia tahun 1950-an. Brabham pada tahun 1970 pensiun dari dunia otomotif formula 1, di mana ia membeli sebuah peternakan dan memelihara peternakannya untuk kepentingan bisnis, termasuk produsen mesin Perkembangan mesin balap dan beberapa garasi.

  • Masa muda

John Arthur ‘Jack’ Brabham lahir pada tanggal 2 April 1926 di Hurstville, New South Wales, sebuah kota komuter di luar Sydney. Brabham terlibat dengan mobil dan mekanik dari usia dini. Pada usia 12, ia belajar mengemudi mobil keluarga dan truk bisnis kelontong ayahnya. Brabham kuliah teknis, belajar logam, pertukangan, dan gambar teknik. Pada usia 15 tahun, ia meninggalkan sekolah untuk bekerja, menggabungkan pekerjaan di sebuah garasi lokal dengan kursus malam di teknik mesin. Pekerjaan Brabham bercabang ke bisnis  dengan menjual  sepeda motor sendiri, yang ia beli dan diperbaiki untuk dijual, menggunakan beranda belakang orang tuanya sebagai bengkelnya.

Baca Juga: Berita Otomotif, Inilah Model Mobil Terbaik Sepanjang Masa Dari Rolls-Royce

Satu bulan setelah ulang tahunnya yang ke-18 pada 19 Mei 1944 Brabham terdaftar ke dalam Royal Australian Air Force (RAAF). Meskipun ia sangat ingin untuk menjadi pilot, sudah ada surplus aircrew terlatih dan Angkatan Udara bukan menempatkan keterampilan mekanik untuk digunakan sebagai mekanik pesawat, yang kekurangan pada masa perang yang berbasis di RAAF Station Williamtown, di mana ia dipertahankan Bristol Beaufighters di No 5 Operasional Unit Pelatihan. Pada ulang tahunnya yang ke-20, 2 April 1946, Brabham diberhentikan dari RAAF dengan pangkat aircraftman terkemuka. Dia kemudian memulai layanan kecil, perbaikan, dan bisnis permesinan dalam lokakarya yang dibangun oleh pamannya di sebidang tanah di belakang rumah kakeknya.

  • Karir balap

Brabham memulai mendapat ide menjadi pembalap  setelah seorang teman Amerika, Johnny Schonberg, membujuknya untuk menonton balap mobil. Dia segera menemukan bahwa ia memiliki bakat untuk olahraga tersebut, Yang akan membawa namanya sebagai salah satu sebagai pembalap paling dikenal dalam sejarah dunia otomotif mobil formula 1. Brabham memenangkan  Australia Speedcar Championship pada tahun 1948, kejuaraan Speedcar Australia pada tahun 1949, Australian championship pada tahun 1950-1951, dan juara Formula 1 pada tahun 1959, 1960, dan 1966

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berita Dunia Otomotif Mobil Formula 1: Biografi Jack Brabham Pembalap Legendaris Dunia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*