Berikut 4 Perawatan Mobil Secara Umum yang Tak Boleh Dilupakan

Berikut 4 Perawatan Mobil Secara Umum yang Tak Boleh Dilupakan

Mobil jenis dan merek apapun sudah tentu akan memerlukan perawatan, pertanyaannya sudah tahukah Anda perawatan mobil apa saja yang musti dilakukan? Mobil adalah sejenis kendaraan yang paling banyak diinginkan orang karena selain memberi kesan mewah dan mendongkrak status sosial. Pemakaian mobil juga jauh lebih aman dan nyaman ketimbang jenis kendaraan lain, sebab terlindung dari yang namanya cuaca buruk hingga resiko fatal saat kecelakaan. Apalagi mobil rakitan terbaru sudah ditunjang dengan fitur keamanan yang lebih canggih.

Berikut 4 Perawatan Mobil Secara Umum yang Tak Boleh Dilupakan

Perawatan Umum untuk Mobil Pribadi

Supaya mobil yang selama ini menjadi sahabat dalam segala rutinitas, maka usahakan memberikan perawatan yang semestinya. Paling tidak perawatan umum berikut jangan sampai ketinggalan:

  • Panaskan mesin setiap pagi,

Jauhkan resiko aki soak dan komponen mesin terserang korosi dengan memanaskan mesin setiap pagi. Baik mobil baru maupun mobil lawas, butuh perawatan ini setiap pagi ketika mesin dalam kondisi dingin. Tujuannya untuk memastikan aki berfungsi dengan normal dan oli mesin melapisi semua komponen gerak di mesin mobil. Sehingga resiko mogok atau rusak parah secara mendadak tidak akan dijumpai.

  • Cuci mobil setiap hari,

Tidak sedikit memang pemilik mobil yang tetap penuh percaya diri menembus jalanan meski mobilnya nampak kecoklatan, saking banyaknya debu dan lumpur yang menempel pada body. Jika di bagian body saja sampai kotor luar biasa, bagaimana dengan bagian dalamnya? Dijamin lebih parah, padahal yang namanya menjaga kebersihan mobil termasuk perawatan mobil yang wajib dan umum dilakukan. Sebab membiarkan noda menumpuk bisa meningkatkan beban mesin mobil ditambah memicu korosi dimana lumpur dan debu tersebut menempel.

  • Service dan ganti oli secara teratur,

Semua orang yang punya kendaraan pasti tahu kewajibannya untuk memberikan service dan ganti oli secara berkala. Ketika mobil sering dipakai maka ganti oli dilakukan tiga bulan sekali dan setiap beberapa bulan lagi perlu mengganti filter olinya. Lakukan secara teratur agar mesin mobil bisa beroperasi dengan baik, karena komponennya tidak mudah aus dan tidak pula berkarat. Sedangkan service ke bengkel akan membersihkan seluruh mesin mobil sekaligus mengganti sparepart yang sudah rusak.

  • Melajukan mobil dengan baik dan benar,

Perawatan tambahan yang baiknya tidak juga dilupakan adalah mengatur laju mobil dengan baik ketika berada di jalan raya. Kebanyakan mobil cenderung lebih awet ketika dipacu dengan kecepatan tinggi, namun bukan berarti ugal-ugalan saat mengemudi. Pastikan mengatur kecepatannya sesuai dengan kondisi jalan dan jika tidak buru-buru usahakan di kecepatan normal. Kecepatan yang normal memungkinkan Anda menghindari lubang di jalan sehingga tetap nyaman di perjalanan sekaligus mobil lebih awet. Jadi, jangan hanya memberikan perawatan mobil ke bengkel namun juga memperhatikan pemakaiannya sehari-hari.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berikut 4 Perawatan Mobil Secara Umum yang Tak Boleh Dilupakan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*