Berikut 4 Cara Cegah Korosi Pada Knalpot Motor Secara Efektif

Berikut 4 Cara Cegah Korosi Pada Knalpot Motor Secara Efektif

Komponen knalpot motor tidak dapat disangkal menjadi komponen yang paling dibanggakan oleh pemiliknya. Mengapa? Sebab lewat knalpot inilah sebuah sepeda motor akan menghasilkan suara merdu atau suara nyaring yang menunjukan identitas motor kesayangan. Beberapa orang setia memakai knalpot orisinil bawaan pabrik namun sebagian yang lainnya memilih melakukan modifikasi. Entah dengan memilih knalpot racing atau model lainnya agar pas dengan keinginan atau selera, apapun langkah yang ditempuh jangan lupa merawat komponen ini sebaik mungkin.

Berikut 4 Cara Cegah Korosi Pada Knalpot Motor Secara Efektif

Cara Cegah Korosi Pada Knalpot Sepeda Motor

Pasalnya tercatat knalpot menjadi komponen sepeda motor yang mudah bermasalah dengan korosi atau karatan. Sekali berkarat dijamin perlu usaha ekstra untuk membersihkannya dan kalau menyerah perlu merogoh kocek membeli yang baru. Maka cegah resiko korosi dengan beberapa cara berikut:

  • Rajin mencuci motor kesayangan,

Cara pertama untuk mengantisipasi munculnya lapisan karat pada knalpot adalah dengan rajin mencuci motor itu sendiri. Pasalnya ketika knalpot sudah lama dibiarkan dalam keadaan kotor maka dijamin akan mengundang kelembaban dan berakhir dengan munculnya karat. Maka rajinlah mencuci motor, baik sendiri maupun ke tukang cuci motor.

  • Oleskan cairan pelumas di leher knalpot,

Berhubung knalpot motor selama ini dikenal sebagai komponen sepeda motor yang mudah sekali berkarat. Maka pemilik motor mengambil langkah cerdas dan tepat dengan mengoleskan cairan pemulas atau oli pada knalpot tersebut. Paling ideal oli ini dioleskan pada leher knalpot yang merupakan bagian paling sering mengalami karat terlebih dulu dibanding bagian knalpot yang lain. Tidak perlu berlebihan, cukup oleskan tipis-tipis saja namun teratur supaya efektif cegah karat.

Baca Juga:Tips Rawat Knalpot Motor yang Orisinil Agar Bisa Tetap Awet

  • Pilih lokasi parkir yang terlindungi,

Karat pada knalpot akan lebih mudah muncul apabila motor sering terpapar sinar matahari sehingga bagian mesin mengalami kenaikan suhu. Kenaikan suhu ini rupanya bisa membuat knalpot mudah menjadi terlalu kering dan pada akhirnya mudah berkarat. Apalagi jika selepas terbakar matahari lalu diguyur air hujan, maka penting untuk melindungi motor dari segala kondisi cuaca. Carilah tempat parkir yang terlindungi supaya tidak terbakar matahari dan kehujanan, knalpot pun cenderung lebih aman dari gangguan karat.

  • Batasi durasi saat memanaskan mesin,

Selain menghindari paparan matahari saat memarkirkan sepeda motor, baiknya Anda juga mengetahui lamanya waktu memanaskan mesin motor. Setiap pagi sebelum beraktivitas dijamin motor akan dipanasi dulu namun jangan sampai melebihi 10 menit. Sebab terbukti motor yang dipanaskan terlalu lama beresiko membuat knalpot mudah kering sehingga mudah berkarat. Kalau tidak mau kesulitan dengan karat di knalpot motor maka baiknya panasi mesin secukupnya, toh ketika dilakukan selain knalpot awet juga membuat bensin lebih hemat. Untung kuadrat bukan?

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berikut 4 Cara Cegah Korosi Pada Knalpot Motor Secara Efektif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*