Berapa Kiat Agar Ban Motor Awet dan Tahan Lama

Perawatan beberapa onderdil dalam motor atau mobil yang kita punyai adalah kewajiban kita sendiri. Dengan cara selalu membersihkannya, atau dengan selalu rutin melakukan service setiap bulannya. Dengan begitu, setiap perjalanannya akan terasa aman dan nyaman. Dan tentu saja keselamatan akan tetap terjaga. Ban motor adalah salah satu hal yang paling penting dalam kendaraan. Karena ban juga dapat menentukan jaminan keselamatan bagi pengendara bermotor. Jika tidak dirawat dengan baik, akan dapat membahayakan pengemudinya.

Apabila Anda memiliki kendaraan yang beroda 2, ataupun roda 4, ada beberapa tips merawatnya agar tidak mudah rusak, dan tidak akan membahayakan Anda dan keluarga. Dan juga tentunya akna sangat nyaman saat di pakai berkendara. Apalagi, tanpa adanya ban, kendaraan tidak akan bisa berjalan. Jadi, waspadai sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips agar ban motor selalu awet dan tahan lama adalah:

  • Saat menggunakan ban, gunakan yang punya konstruksi sama dari bahan baja atau polyester.
  • Saat menggunakan ban tubles. Harus dipasang pada pelek yang khusus untuk ban tubles. Sama halnya dengan ban yang ada ban dalamnya, harus dipasang pelek yang khusus untuk ban dalamnya. Karena jika dipasang pelek yang khusus untuk ban yang mempunyai ban dalam, kemudian dipasang pada ban yang ada ban yang jenis tubles, akan menyebabkan tekanan angin nya berkurang. Begitu juga apabila Anda tetap memilih menggunakan pelek yang khusus untuk ban tubles, dan ban yang digunakan adalah ban dalam, anak menyebabkan karet bundar mudah meledak. Karena pada kecepatan tinggi panasnya udara dalam ban akan lebih cepat naik.
  • Ukuran atau size karet bundar dan corak telapak nya harus disesuaikan. Minimal satu pasangan ban antara ban luar dan ban dalam memiliki kesamaan merek, dan ciri khas juga sama.
  • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi ban yang sedang Anda gunakan pada kendaraan bermotor Anda. Apakah sudah mulai hilang corak bannya atau belum. Karena jika sudah hilang coraknya, akan terasa licin dan sangat mudah tergelincir.
  • Saat pemasangan ban dalam Anda harus menyesuaikan dengan jenis ban luar yang sedang digunakan. Usahakan agar antara ban luar dan ban dalam adalah satu merek

Demikian beberapa tips agar ban motor Anda selalu terjaga kualitasnya. Dan juga kendaraan yang digunakan tetap dalam keadaan aman dan nyaman. Tentu juga akan awet dan bisa tahan beberapa bulan. Selain merawat bannya, Anda juga harus merawat bagian mobil atau motor yang lainnya. Karena yang perlu di rawat dengan baik bukan hanya bannya. Bisa yang lain, misalnya lampunya, lampu juga sangat berguna jika sedang perjalanan malam. Tanpa adanya lampu, jalan yang sedang kita lewati tidak akan terlihat dengan jelas. Itu juga sangat membahayakan keselamatan.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Berapa Kiat Agar Ban Motor Awet dan Tahan Lama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*