Beli Motor Baru Lebih Baik Tunai Atau Kredit? Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Beli Motor Baru Lebih Baik Tunai Atau Kredit? Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Kendaraan memang sudah menjadi kebutuhan untuk semua orang di dunia yang serba cepat seperti saat ini. Hal ini memang sudah tidak mengherankan karena dengan kendaraan, maka mobilitas untuk segala aktivitas bisa kian mudah dilakukan. Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak dijadikan pilihan. Jika kini Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli motor baru, maka baiknya pertimbangkan juga cara pembayarannya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

 Beli Motor Baru Lebih Baik Tunai Atau Kredit? Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!

Sebelum Anda membeli motor, ada baiknya untuk memikirkan beberapa hal berikut ini:

  • Kebutuhan akan motor

Hal yang paling utama dan wajib Anda tahu sebelumnya yakni kebutuhan akan motor tersebut. Sebetulnya Anda memang butuh sebagai penunjang aktivitas dan pekerjaan atau justru hanya untuk gengsi saja. Tentu jawaban ini hanya Anda saja yang tahu. Hal ini karena dalam pembelian motor bukan hanya biaya saat membelinya saja, namun juga nantinya dalam biaya bahan bakar hingga biaya perawatan yang wajib dikeluarkan secara jangka panjang. Untuk itu dengan adanya motor di rumah atau tambahan motor, maka akan mempengaruhi keuangan juga.

  • Kondisi keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dengan datangnya motor, maka tentu kondisi keuangan pun akan terpengaruh. Baik Anda membeli motor baru secara kredit atau tunai, keduanya sama-sama memberikan pengaruh pada keuangan Anda. Untuk hal terpenting adalah jangan sampai memilih motor yang harganya di luar nalar dan kemampuan Anda. Hal ini akan memberikan pengaruh gangguan ke semua pos keuangan Anda.

  • Anggaran di masa datang

Tak hanya anggaran saat pembelian saja, namun ketika Anda memiliki motor maka akan memberikan beban juga pada anggaran di masa yang mendatang. Beberapa pos keuangan yang akan terpengaruh misalnya dengan adanya anggaran untuk cicilan uang jika Anda membeli secara kredit, pos bahan bakar, pos perawatan motor, pos biaya parkir dan masih banyak lagi. Jika diperhitungkan total, semua itu jumlahnya tidak sedikit.

  • Pertimbangkan keunggulan dan kekurangan

Jika Anda membeli motor secara tunai, maka pengeluaran di awal akan cukup besar. Meski demikian Anda tak akan terbebani dengan hutang di beberapa bulan atau tahun ke depan. Namun jika membeli kredit, maka Anda tetap bisa membawa pulang mobil meski dengan dana yang terbatas. Namun Anda akan menambah pos pengeluaran sehingga bisa terus membayar cicilan. Jangan lupa juga tuntutan bunga hingga biaya lain yang kemungkinan perlu dikeluarkan.

Membeli motor baru dengan kredit atau tunai, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun tentu keduanya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Tapi pastikan jangan sampai hutang hanya karena untuk penuhi tingkat gengsi Anda.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Beli Motor Baru Lebih Baik Tunai Atau Kredit? Simak Dulu Ulasannya Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*