Sudah Tahu Apa Bedanya Woofer dan Subwoofer?

Sekaligus apa saja keunggulannya? Woofer Speaker dan Subwoofer barangkali masih belum banyak orang mengenalnya. Lebih mudahnya kita mengenali dengan sebutan speaker saja tanpa embel empel apapun.

Speaker sendiri memang kerap digunakan sebagai alternatif daripada penggunaan headset. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan speaker karena memang kapabilitasnya yang dapat menghasilkan suara lebih natural.

Tetapi, tidak banyak yang tahu juga bahwa speaker sendiri terbagi menjadi bermacam jenis. Diantaranya woofer, mid woofer, dan sub woofer.

Seringnya, orang jadi salah menyebut atau sulit membedakan mengenai perbedaan jenusnya. Mari kita simak apa saja beda antara speaker woofer dan subwoofer!

Keduanya memang sama-sama bereaksi dengan baik terhadap suara rendah. Kedua jenis speaker ini memang sering digunakan untuk memutar hardbass.

Lalu apa bedanya?

Sudah Tahu Apa Bedanya Woofer dan Subwoofer?

1. Frekuensi

Speaker woofer dapat menerima frekuensi antara 20 hingga 2000 hz, sedangkan sub woofer dapat menerima frekuensi antara 20 hingga 200 hz.

2. Kualitas bass-nya

Sub woofer akan menghasilkan suara bass yang lebih baik, karena memang frekuensi yang diterima dalam rentang yang tidak terlalu jauh.

Sedangkan rentang frekuensi woofer yang cukup jauh, bisa menyebabkan suara menjadi ‘terbang’ saat diputar.

3. Tempat penggunaannya

Hal yang menjadi menarik dari perbedaannya ialah tempat dimana speaker ini digunakan. dalam skala rumahan, cukup menggunakan woofer untuk mencapai suara bass yang diinginkan.

Namun, untuk skala yang lebih besar seperti panggung acara, penggunaan sub woofer dinilai lebih pas.

Memang tidak terlalu banyak perbedaan yang ada dalam jenis speaker. Kini pun perkembangan dunia audio tidak kalah cepat dengan perkembangan teknologi pada tape mobil.

Sebuah instalasi audio pada  mobil juga menjadi salah satu peningkat kenyamanan dalam berkendara. Memiliki mobil dengan kualitas audio terbaik pastinya sangat terasa bahagia.

Bisa ditambahkan pada dashboard, pinti, ataupun bagasi. Tambahan aksesoris seperti lampu juga makin membuatnya menarik. Lalu apa saja yang termasuk ke dalam audio berkualitas untuk mobil?

Inilah daftarnya!

Sudah Tahu Apa Bedanya Woofer dan Subwoofer? Lihat Juga Daftar Audio Mobil Terbaik!

a. Harman Kordon

Ini merupakan audio untuk mobil terbaik yang juga dipakai oleh berangkat tablet dari Asusu. Disini kita akan mendapati perpaduan antara tablet dengan audio terbaiknya, yang tentunya dapat menghasilkan pengalaman berbeda pada setiap penggunanya.

Merek harman kordon juga sudah teruji pada setiap kemunculannya yang selalu dikaitkan dengan audio jernih serta bass yang baik.

Oh ya, jenis speaker ini biasa digunakan untuk mobil kelas premium seperti Mercedes Benz. So, nggak perlu diragukan lagi kan kualitasnya?

b. Piooner

Dengan kemunculan merek piooner sebagai tape mobil terbaik, tentunya sudah tak asing lagi bagi telinga kita. Piooner sendiri kerap menghasilkan produk-produk audio yang berkualitas tinggi.

Dengan desain dan model yang menarik, tersedianya dalam berbagai macam ukuran tentu menambah rasa puas dalam memilihnya. Tak ketinggalan, ia tercatat dalam kelas Sound Quality (SQ).

c. JL Audio

Suara yang jernih dan bass yang super oke menjadikan pilihan yang tepat untuk membeli merek ini. Terbukti, pada mobil terbaik buatan Audi, audio ini tersusun secara rapi hampir di seluruh bagian dari interiornya.

d. Bose Audio

Speaker mini buatan Bose ini memang dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah, bisa jutaan rupiah. Jika kamu punya budget yang berlebih tak ada salahnya memasangnya bukan?

Selain kualitas suara yang dihasilkan cukup jernih, merek speaker mobil terbaik ini juga sudah bekerja sama dengan produsen mobil terkenal seperti Chevrolet.

e. Alpine

Merek audio mobil asal Jepang ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain memiliki suara audio yang boombastis, Alpine dibuat sebagai Original Equipment Manufacture (OEM) di Jepang.

Related posts

Asal-usul Shell Indonesia dan Perkembangannya

Mengenali Mitsubishi Expander Lebih Dalam

Kenalan dengan Honda ADV 150, Skuter Matik Penjelajah yang Keren!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Read More