Agar Tidak Tertipu Lelang Mobil, Cermati Dulu Tips Penting Berikut ini

Agar Tidak Tertipu Lelang Mobil, Cermati Dulu Tips Penting Berikut ini

Beberapa waktu belakangan ini, minat masyarakat terhadap pembelian lelang mobil melalui balai lelang semakin meningkat. Berbicara mengenai mobil lelang, tentunya memiliki sistem pembelian yang berbeda dengan pembelian di showroom resmi.

Agar Tidak Tertipu Lelang Mobil, Cermati Dulu Tips Penting Berikut ini

Keuntungan Mengikuti Lelang

Keuntungan yang pertama dari membeli mobil di lelang mobil adalah harga yang jauh lebih murah dibanding membeli mobil bekas dari dealer mobil bekas. Rendahnya harga mobil lelang ini sering dimanfaatkan oleh para pedagang mobil bekas dengan menaikkan harga yang jauh lebih tinggi untuk kemudian kembali ke pasaran. Keuntungan lainnya adalah proses yang cepat. Biasanya Anda bisa langsung membawa pulang mobil jika sudah menyelesaikan pembayaran.

Selain keuntungan, membeli mobil lelang juga rentan terhadap beberapa kerugian seperti pembeli yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengecek kondisi mobil. Bahkan mobil lelang juga tidak diperkenankan untuk dipakai test drive oleh para calon pemiliknya. Risiko lainnya adalah kebanyakan mobil di lelang mobil adalah kendaraan yang diambil paksa oleh para penagih utang, sehingga tidak jarang dokumen seperti BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) masih disita oleh pihak perusahaan pembiayaan atau pemilik kendaraan.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mencermati beberapa tips berikut sebelum memutuskan membeli kendaraan di lelang mobil.

Memeriksa Kendaraan dan Kelengkapan Dokumen

Kendaraan yang ada di lelang mobil biasanya adalah mobil bekas yang memiliki kondisi beragam. Oleh karena itu, untuk menghemat biaya perbaikan, sebaiknya Anda melakukan pengecekan dengan teliti kondisi kendaraan. Proses pengecekan biasanya dilakukan pada saat open house. Kesempatan ini sebaiknya Anda gunakan sebaik-baiknya memeriksa seluruh kondisi mobil secara cermat.

Anda bisa memulai dari memeriksa keempat ban dan ban cadangan yang disediakan, kemudian pindah ke dalam jok mobil, lantai mobil dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga harus mengecek keaslian suku cadang mesin, karena bisa saja pemilik sebelumnya mengganti suku cadang mesin dengan yang palsu.  Selain memeriksa interior dan eksterior kendaraan, Anda juga harus memeriksa kelengkapan dokumen, seperti BPKB, STNK, buku servis serta dokumen penting lainnya.

Bandingkan Harga Pasaran

Langkah selanjutnya yang harus Anda sebelum mendatangi lelang mobil adalah membandingkan harga pasar. Biasanya mobil yang banyak peminatnya memiliki harga saing yang tinggi. Agar tidak terjebak dengan harga yang mahal, sebaiknya Anda mencari tahu informasi mengenai harga mobil yang Anda incar tersebut di pasaran sebelum memutuskan untuk mengikuti lelang.

Tunggu dan Simak

Bisnis lelang mobil sangat rentan dengan trik licik dan penipuan. Tak sedikit peserta lelang yang ingin menghancurkan harga lelang untuk kepentingan pribadi dengan cara aktif melalukan penawaran. Tipsnya adalah pada waktu pembukakan harga pertama, jangan langsung memberikan penawaran harga. Sebaliknya, Anda harus menunggu hingga proses tawar menawar mulai reda, barulah Anda melakukan penawaran.

Selain itu, dengan rajin datang ke lelang mobil akan membuat Anda mengetahui situasi pelelangan dengan mempelajari trik “pemain” langganan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Agar Tidak Tertipu Lelang Mobil, Cermati Dulu Tips Penting Berikut ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*