Agar Tidak Tertipu, Cermati 6 Trik Mengikuti Lelang Mobil Ini

Agar Tidak Tertipu, Cermati 6 Trik Mengikuti Lelang Mobil Ini

Membeli mobil di pelelangan merupakan salah satu cara bagi mereka yang berkeinginan memiliki mobil namun minim budget. Mengikuti lelang mobil memiliki banyak keuntungan, selain bisa mendapatkan mobil di bawah harga pasar, prosedurnya pun juga cukup mudah dan todak serumit jika Anda membeli mobil di dealer resmi.

Agar Tidak Tertipu, Cermati 6 Trik Mengikuti Lelang Mobil Ini

Kendati demikian, Anda harus berhati-hati agar tidak terjebak dengan modus penipuan berkedok lelang. Untuk itu, sebelum memutuskan mengikuti lelang mobil, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips dan trik berikut ini, antara lain:

Perhatikan waktunya

Biasanya musim ramai lelang kendaraan, khususnya lelang mobil banyak digelar tiga bulan setelah Hari Raya Idul Fitri. Hal ini disebabkan karena menjelang masuknya Hari Raya Idul Fitri aka nada banyak permintaan pembelian mobil karena akan digunakan untuk mudik. Sayangnya, setelah dua bulan setelahnya banyak nasabah mulai tersendat melakukan pembayaran angsuran. Maka para dealer mobil pun menawarkan mobil sitaan lewat balai lelang.

Perhatikan tempat

Yang perlu Anda ketahui bahwa balai lelang tidak selalu ada do setiap kota. Sekali pun ada, pasti tidak dalam cakupan yang cukup besar. Umumnya balai lelang cakupan besar biasanya hanya ada di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Pasalnya hanya di keempat kota tersebut terdapat pusat kantor cabang besar produsen mobil. Tak heran jika dalam suatu pelelang mobil, banyak peserta yang datang dari luar daerah.

Jeli saat memilih

Meski banyak mobil lelang yang masih dalam kondisi yang baik, namun Anda harus ekstra cermat dalam memilih agar tidak tertipu dengan kondisi fisik mobil saja. Biasanya, proses lihat unit lelang diadakan sekitar 3 sampai 5 hari. Pada hari tersebut, gunakan sebaik-baiknya untuk melakukan observasi pada setiap komponen mobil, mulai dari mesin, fisik dan juga dokumen kendaraan yang dilelang.  

Cari dan bandingkan harga mobil di pasaran

Agar Anda tidak terjebak over-priced, maka sebaiknya cari referensi harga lain dan bandingkan dengan kisaran harga yang ada di lelang mobil. Referensi tersebut banyak ditemukan di pasaran sehingga bisa jadi tolak ukur saat Anda melakukan penawaran. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli mobil di pelelangan dengan harga yang lebih mahal ketimbang harga yang ada di pasaran.

Bawa ke bengkel jika Anda menang lelang

Jika Anda berhasil membawa pulang mobil kesayangan Anda dalam proses lelang mobil, maka segeralah membawa mobil tersebut ke bengkel terpercaya. Karena meski kondisi fisik mobil secara kasat mata terlihat baik-baik saja, namun tak ada yang tahu pasti mengenai kondisi di dalamnya, terutama bagian mesin. Lakukanlah pemeriksaan secara menyeluruh dan lebih mendalam dengan bantuan teknisi untuk menghindari kerusakan yang lebih besar.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Agar Tidak Tertipu, Cermati 6 Trik Mengikuti Lelang Mobil Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*