Agar Interior Mobil Senantiasa Bersih Terawat, Begini Caranya!

interior mobil

Bagi para pemilik kendaraan roda empat, bagian interior mobil merupakan rumah kedua untuk mereka sehingga penataan maupun kebersihannya harus senantiasa dirawat dengan baik dan benar. Interior kendaraan roda empat atau biasanya juga disebut dengan kabin, memiliki beberapa bagian dimana setiap bagian memerlukan penanganan tersendiri untuk perawatan serta pembersihannya. Bagian tersebut antara lain adalah, dashboard, jok atau kursi, lantai dan juga langit-langit atap kendaraan. Masing-masing bagian biasanya memiliki bahan yang berbeda-beda sehingga perawatannya juga harus dibedakan agar tidak cepat rusak ataupun terlihat kusam.

Untuk bagian pertama adalah dashboard, dimana bagian ini merupakan tempat dari banyak panel untuk memfungsikan kendaraan agar bisa bekerja maksimal. Karena bagian ini juga menjadi tempat peralatan elektronik kendaraan seperti tape, panel air conditioner ataupun display lainnya, maka kehati-hatian sangat diperlukan ketika membersihkannya. Beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Menggunakan kuas kecil ataupun kemoceng dengan bahan yang lembut untuk membersihkan atau menyingkirkan debu-debu yang biasanya menempel pada bagian ini. Mengingat bagian ini menjadi tempat banyak panel kendaraan, maka akan banyak sela yang bisa dimasuki debu,
  • Menggunakan cairan pembersih khusus untuk noda-noda pada dashboard yang sulit untuk dihilangkan.,
  • Segera mengelap dashboard dengan lap fiber setelah dibersihkan dengan menggunakan dua cara diatas.

Baca Juga : Tips belajar mobil untuk pemula

Bagian kedua dari interior mobil yang perlu mendapatkan perhatian adalah jok atau tempat duduk penumpang maupun sopir. Kebersihan tempat duduk ini akan memberikan rasa nyaman ketika berkendara, maupun ketika Anda menjadi penumpang di dalam kabin. Mengingat biasanya jok ini dilapisi dengan bahan khusus, maka untuk membersihkannya pun juga harus dengan cairan khusus, bila didapati noda yang sulit dihilangkan. Sedangkan untuk debu ringan, Anda bisa menggunakan lap kering untuk membersihkannya.

Bagian ketiga dalam kabin kendaraan yang juga harus diperhatikan kebersihannya adalah lantai. Biasanya bagian lantai ini menggunakan karpet agar kotoran tidak langsung mengenai lapisan lantai tersebut. Untuk pemilihan karpet lantai ini, ada baiknya Anda menjatuhkan pilihan pada karpet dengan ciri:

  1. Berbahan karet sintetis sehingga mudah untuk dibersihkan dengan dicuci menggunakan air dan sabun kemudian dijemur hingga kering,
  2. Bisa menutup seluruh bagian lantai dengan baik, sehingga tidak ada kotoran yang terjatuh maupun terselip pada lapisan lantai,
  3. Mudah dilepas dan juga dipasang kembali sehingga memudahkan Anda untuk membersihkannya.

Bagian terakhir adalah langit-langit dan juga dinding dalam kabin kendaraan yang biasanya memiliki bahan sama. Untuk membersihkannya juga cukup mudah, hanya dengan menggosokkan lap agak basah ataupun lap fiber pada bagian-bagian tersebut hingga terlihat bersih kembali. Itulah beberapa cara-cara sederhana untuk bisa tetap menjaga interior mobil jadi kelihatan selalu bersih dan terawat.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Agar Interior Mobil Senantiasa Bersih Terawat, Begini Caranya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*