Agar Desain Interior Lebih Menarik, ini Tips Memilih Jok Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Agar Desain Interior Lebih Menarik, ini Tips Memilih Jok Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Bagi sebagian pencinta otomotif, merombak desain interior mobil adalah suatu kewajiban. Selain membuat pengendara merasa lebih nyaman saat berkendara, memperindah tampilan interior juga akan menambah nilai estetika dan keindahan bagian dalam mobil. Salah satunya dengan mengganti jok atau pelapis jok agar tampak kelihatan lebih menarik. Sayangnya, tidak semua bengkel jok yang bisa menyulap jok Anda sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak tips memilih cover jok mobil berikut ini.

Agar Desain Interior Lebih Menarik, ini Tips Memilih Jok Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Bahan Jok

Pada umumnya, jenis jok mobil yang ada dipasaran terbagi menjadi jok kulit asli dan jok kulit sintetik. Jok kulit asli biasanya berasal dari kulit sapi, sedangkan jok kulit sintetik berasal dari bahan kulit sintetik atau buatan. Dari segi harga dan segi perawatan tentunya jok kulit asli lebih mahal. Namun, biaya mahalnya sebanding dengan kualitas jok yang lembut dan nyaman.

Sementara itu, untuk bahan sintetik yang memiliki harga lebih murah tidak membuatnya dari kualitas bahan asli. Pasalnya sudah banyak jok berbahan sintetik yang memiliki kualitas menyerupai bahan asli beredar di pasaran. Tak hanya itu, jok kulit sintetik juga lebih mudah peratanannya dan tentunya memiliki banyak pilihan warna.

 Jenis Pemasangan Jok

Tipe pemasangan jok juga tak boleh dianggap remeh. Jenis pemasangan jok pada umumnya terbagi dua,  yaitu paten dan sarung. Pemasangan jok paten biasanya dilakukan dengan mengganti bahan pelapis jok dengan yang baru secara keseluruhan sehingga pemasanganya akan lebih kuat dan lebih nyaman digunakan.

Sedangkan tipe pemasangan yang kedua adalah sarung. Jenis pemasangan ini hanya memasangkan sarung jok baru ke jok mobil yang lama. Pemasangan sarung harus disesuaikan dengan jok yang lama sehingga tidak bisa berganti model. Di pasaran sendiri, sudah ada berbagai macam sarung jok yang dijajakan dengan harga murah. Hanya saja, bahannya masih menggunakan kualitas rendah.

Pemilihan Model dan Warna Jok Mobil

Dalam hal tampilan jok mobil, harus dipertimbangkan model dan warnanya. Model standar adalah model yang paling umum dan tentunya memiliki harga paling murah. Untuk mendapatkan desainnya yang istimewa Anda bisa memili dipilih model kerut, garson, sporty, dan lain sebagainya. Pemilihan model ini harus disesuaikan dengan kondisi, tema dan desain interior mobil.

Sementara itu, dalam pemilihan warna jok, sesuaikan dengan warna dasar mobil Anda. Selain itu sesuaikan warna jok dengan warna benang jahitan luar. Dan jika Anda ingin tampilan interior mobil lebih segar, Anda bisa memilih warna yang kontras agar lebih menarik perhatian mata. Oleh karena itu, gunakan jok sintetik karena lebih banyak pilihan warna dan motif yang menarik.

Sesuaikan dengan Budget

Pemilihan cover jok mobil harus disesuaikan dengan besar anggaran yang Anda punya. Jangan pernah memaksakan diri membeli sarung jok yang harganya sangat mahal hanya untuk sekadar bergaya. Sebaliknya, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Jangan mudah tergiur harga murah

Tingginya persaingan dalam bisnis jok mobil memaksa sebagian besar produsen memberikan harga murah untuk menarik perhatian calon konsumen. Namun, Anda patut curiga jika harga sebuah produk dibanderol dengan harga murah yang jauh di bawah harga rata-rata. Karena bisa saja kualitas jok yang diberikan justru membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Agar Desain Interior Lebih Menarik, ini Tips Memilih Jok Mobil yang Wajib Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*