7 Tips Aman yang Wajib Disimak Sebelum Mengambil Kredit Motor

7 Tips Aman yang Wajib Disimak Sebelum Mengambil Kredit Motor

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap sarana transportasi yang memadai, membuat para produsen kendaraan berlomba-lomba menghadirkan produk terbaiknya untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satu alat transportasi yang paling banyak dibutuhkan masyarakat adalah sepeda motor karena kendaraan roda dua ini dianggap sebagai solusi bagi kemacetan yang selalu mendera jalanan perkotaan. Alhasil, pengguna kendaraan roda dua ini pun semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, timbulah berbagai macam alasan untuk memiliki sepeda motor. Meski dengan dana terbatas, Anda masih bisa memiliki motor dengan cara mengajukan kredit motor. Namun, sebelum Anda mengajukan kredit, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini:

7 Tips Aman yang Wajib Disimak Sebelum Mengambil Kredit Motor

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk memiliki sebuah motor, pastikan dulu apakah sepeda motor sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Ada baiknya pula Anda menyesuaikan tipe dan jenis motor yang akan Anda beli dengan kebutuhan. Terutama jika Anda sudah berkeluarga, pilihlah motor yang juga bisa digunakan oleh anggota keluarga lainnya. Jangan sampai Anda membeli sebuah motor namun justru tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Sesuaikan Dengan Anggaran

Jika membeli motor secara kredit, maka dapat dipastikan anggaran yang Anda miliki itu terbatas, sehingga tidak mampu membelinya secara tunai. Oleh karena itu, akan lebih bijak jika membeli sebuah motor dengan harga yang bisa dijangkau keuangan Anda, sehingga nantinya Anda tidak terbebani dengan sejumlah cicilan yang harus bayar di setiap bulannya.

Lakukan Survei dan Perbandingan

Ada banyak dealer yang bisa memberikan penawaran terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengajukan kredit motor, sebaiknya Anda mendatangi beberapa dealer dan membandingkan penawaran yang bisa jadi bahan pertimbangan. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam mendapatkan sebuah penawaran terbaik dan paling menguntungkan dalam mengajukan kredit.

Temukan Leasing Terbaik

Selain dealer, ada pula beberapa perusahaan leasing yang menawarkan jasa pembelian kredit motor. Perusahaan leasing ini bisa jadi pilihan yang tepat, namun sebelumnya Anda harus mencari informasi secara jelas mengenai leasing yang akan Anda pilih. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang mereka dan pertimbangkan berbagai layanan serta kemudahan yang ditawarkan. Dengan trik ini Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari pengajuan kredit yang akan dilakukan.

Pertimbangkan Berbagai Biaya

Selain suku bunga kredit, Anda juga harus pertimbangkan sejumlah biaya dalam pembelian kredit ini. Tak sedikit orang yang mengabaikan hal ini sehingga mengalami kerugian setelah melakukan pengajuan kredit. Beberapa leasing mengakali sejumlah biaya yang sangat tinggi namun hal tersebut tidak disadari oleh nasabah karena kurang teliti. Oleh karena itu, Anda wajib untuk menanyakan berbagai macam biaya yang diterapkan leasing pada Anda, seperti halnya biaya denda keterlambatan, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, biaya penalti jika terjadi pelunasan utang di awal serta biaya lainnya.

Pastikan Motor Dilindungi Asuransi

Sebelum mengajukan kredit motor, pastikan dulu motor yang akan Anda kredit telah dicover oleh pihak asuransi, sehingga bisa terhindar dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi pada motor Anda nantinya. Jangan lupa mencari tahu jenis asuransi dan berapa jumlah biaya yang akan Anda bayarkan. Hal ini akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman saat menggunakan motor.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "7 Tips Aman yang Wajib Disimak Sebelum Mengambil Kredit Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*