7 Langkah Mudah dan Aman Mengemudikan Mobil Matic

7 Langkah Mudah dan Aman Mengemudikan Mobil Matic

Banyak sudah orang yang beralih menggunakan mobil matic, karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memahami segala komponen dan cara mengemudikannya. Selain itu, mobil jenis ini juga sangat bersahabat jika di kendarai di jalan kota-kota besar yang tidak pernah sepi dari kepadatan dan kemacetan kendaraan. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara mengemudi mobil matic yang benar dan aman agar transmisi matinya tidak mudah rusak. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti 7 langkah mudah mengemudikan mobil matic di bawah ini.

7 Langkah Mudah dan Aman Mengemudikan Mobil Matic

Langkah Pertama

Sebelum mengendarai mobil, pastikan dulu jika tuas mobil sedang dalam posisi P atau Parkir atau dengan simbol lain yaitu N atau Netral. Beberapa produsen mobil telah melengkapi produk mobil matic mereka dengan desain transmisi matic sehingga mesin mobil bisa menyala jika tuas berada di posisi P atau N.

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin mobil. Namun sebaiknya Anda menunggu beberapa menit hingga suhu mesin dan transmisi bisa tercapai otomatis. Oleh karena itu, suhu kerja harus normal agar percepatan dalam pemindahan bentuk transmisi otomatis bisa bekerja sempurna.

Langkah Ketiga

Perlu diketahui jika Anda ingin menekan pedal rem dan akan menggesernya, maka mobil Anda akan berjalan secara otomatis dalam kecepatan sangat rendah. Oleh karena itu, pastikan dulu bahwa rem sudah ditekan. Dan untuk menggeser tuas dari P ke R dan N ke D atau pun sebaliknya, sebaiknya Anda menekan rem untuk menghindari kerusakan mesin.

Langkah Keempat

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya Anda pastikan dulu jika tuas sudah dalam posisi D (Drive) yang berguna untuk berjalan maju dengan kecepatan normal, sedangkan tuas dalam posisi R berlari Anda bisa menggunakannya saat ingin mundur. Sementara untuk jalan yang mengalami tanjakan, turunan, atau licin maka Anda membutuhkan bantuan pengereman mesin atau engine break, silahkan geser tuas ke posisi 2. Dan untuk perjalanan menanjak atau menurun yang ekstrim maka silahkan geser tuan ke posisi 1 atau L.JI

Langkah kelima 

Mobil matic juga menyediakan pemilihan mode untuk pengoperasian ekonomis. Mode ini digunakan dalam kondisi saat jalanan macet agar setiap pengemudi bisa menghemat penggunaan BBM atau juga bisa digunakan saat pengemudi ingin mengendarai kendaraan secara santai. Hanya saja mode ini memungkinkan terjadinya perpindahan kecepatan yang otomatis lebih lambat sehingga mobil bisa berakselarasi.

Langkah keenam

Pada mobil matic terdapat tombol yang namanya Tombol OD atau sederhananya tombol berfungsi jika Anda ingin menggeser tuas ke posisi 3. Fungsi dari tombol ini untuk membantu pengemudi dalam berakselerasi menggunakan gigi 3. Jika Anda ingin melaju lebih cepat maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. Kecepatan tersebut bisa Anda gunakan saat berada di area jalan yang panjang dan harus dengan menggunakan gigi 3. Dan jika tombol OD/OFF menyala, maka itu pertanda bahwa perpindahan dalam percepatan hanya dibatasi pada gigi 3 saja.

Langkah ketujuh

Jika Anda ingin mengendarai kendaraan mobil matic seperti mobil manual, silahkan pilih metode Pengoperasian M yang berarti Manual. Dengan manual matic ini, Anda bisa menambah maupun juga dapat mengurangi tingkat percepatan sesuai dengan keinginan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "7 Langkah Mudah dan Aman Mengemudikan Mobil Matic"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*