7 Fakta Tentang Pembalap Moto GP

Balapan menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh seluruh masyarakat yang ada di dunia. Apalagi jika sudah memasuki tahap akhir yang akan menentukan siapa juara dunia di setiap tahunnya. Nama-nama legendaris seperti halnya Valentino Rossi pastinya akan mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat. Balapan kendaraan yang satu ini dikenal dengan nama Moto GP. Dilakukan setiap minggunya dan memang Anda bisa menyaksikan dengan mudah di salah satu channel stasiun televisi kesayangan Anda.

Tak kalah dengan Formula 1, banyak diantara masyarakat yang senang melihat pertandingan balap dengan menggunakan motor tersebut. Bahkan bisa dikatakan jauh lebih menegangkan berkendara di jalan raya dengan motor dibandingkan dengan mengandalkan sebuah mobil. Khusus untuk Anda yang memang senang melihat pertandingannya, maka wajib tau juga beberapa fakta unik tentang Moto GP ini, berikut diantaranya, yaitu:

  1. Pembalap yang melakukan pertandingan ini hampir setengah tahun atau bahkan lebih selalu ada di negara yang berbeda-beda. Faktanya mereka selama masa balapan tak akan pernah menetap di negara asal, melainkan selalu di negara yang berbeda-beda setiap minggunya. Tentu bukan hanya untuk jalan-jalan, melainkan lebih dari itu dituntut untuk menjalankan tugasnya ini.
  2. Dalam setiap kali balapan, maka motor yang digunakan bisa melaju mulai dari 100 sampai dengan 160 km perjamnya. Hanya dalam sekali balapan saja, hal inilah yang membuat mereka bisa menyelesaikan pertandingan dari beberapa lap hanya dengan beberapa menit saja. Padahal jika dilihat lintasannya juga tak semudah yang dibayangkan.

    Baca Juga: Berita Otomotif Terbaru, Inilah Pembalap MOTOGP Terkaya di Dunia Saat Ini, 2016

  3. Detak jantung pembalap sendiri bisa berdetak hingga 190 detik permenitnya, jika dibandingkan dengan manusia normal sebenarnya detak jantung ini sangat tinggi, bahkan juga berbahaya. Karena bisa memicu serangan jantung, namun inilah yang mereka lalui setiap kali terjun ke arena pertandingan.
  4. Untuk satu buah motor atau kendaraan yang digunakan, maka bobotnya bisa sampai 2 kali berat pria dewasa. Mereka yang ahli bertanding di jalan raya pastinya bukan hanya kuat secara mental saja, melainkan juga fisik, karena terkadang bisa mengangkat kendaraan yang sangat berat ini.
  5. Untuk satu kali balapan, keringan yang mereka hasilkan bisa sampai 2 liter. Itulah mengapa selesai pertandingan atau masuk ketika jeda mengganti ban akan dicekoki dengan minuman untuk menjaga tubuh agar tak sampai mengalami dehidrasi.
  6. Tak hanya keahlian bertanding di jalan raya, melainkan seorang pembalap juga harus memiliki kecerdasan yang tinggi.
  7. Mereka mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan kulit kanguru dengan lapisan melebihi pakaian superhero. Hal ini difungsikan untuk mencegah tubuh mengalami luka parah ketika terjadi kecelakaan.

Penting untuk tau lebih banyak mengenai Moto GP ini bagi Anda yang menggemarinya.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "7 Fakta Tentang Pembalap Moto GP"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*