6 Tips Dalam Merawat Motor Sport agar Lebih Awet dan Tahan Lama

6 Tips Dalam Merawat Motor Sport agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Para pencinta otomotif yang menganggap motor sebagian dari hobi atau juga sebagai motor impian. Di Indonesia sendiri, sudah banyak kalangan yang menamai diri mereka sebagai geng motor yang berisi sekumpulan orang yang hobi atau menyukai satu jenis motor tertentu, misalnya motor sport. Para pencinta motor sport tentunya harus tahu cara merawat motor kesayangan mereka, mengingat harganya yang selangit jadi membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rusak.

6 Tips Dalam Merawat Motor Sport agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Berbeda dengan motor matic ataupun motor bebek, motor sport membutuhkan perawatan khusus, terutama pada bagian vitalnya yakni mesin. Di bawah ini ada beberapa langkah dalam merawat motor sport kesayangan Anda.

Hidupkan Mesin Motor Tiap hari

Tips merawat motor sport yang pertama adalah rutin menyalakan mesin motor setiap harinya. Hal ini penting dilakukan agar menjaga mesin motor dan komponen-komponen lainnya tetap bekerja sesuai tugasnya masing-masing dan juga mencegah terjadinya karatan atau kerak. Menyalakan mesin motor harus dilakukan secara rutin, minimal 15 menit setiap hari meski Anda jarang bepergian dengan menggunakan motor tersebut.

Rutin Cek Oli Mesin

Selain rutin menyalakan mesin motor, Anda juga tidak boleh melupakan bagian oli mesin. Periksa ketinggian oli mesin motor, apakah masih tinggi atau sudah rendah, mengingat oli merupakan elemen yang penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Selain itu, dalam merawat motor, Anda juga harus rajin mengganti oli secara berkala, setidaknya 1 sampai 2 bukan sekali agar menjaga kondisi mesin lebih awet.

Gunakan Bahan Bakar yang berkualitas

Jika Anda ingin mesin motor sport Anda dalam keadaan awet, sebaiknya gunakan bahan bakar dengan kualitas baik, karena setiap motor sport sudah dibekali sebuah mesin yang terdiri dari komponen-komponen yang memiliki kualitas tinggi pula. Jadi, sebaiknya pilihlah n bahan bakar berjenis Pertamax yang diketahui memiliki kualitas tinggi.

Cek Sistem Kelistrikan

Mengingat motor sport yang hanya menggunakan sistem starter electric saja, maka Anda harus memperhatikan sistem kelistrikannya. Untuk merawat motor yang memiliki sistem kelistrikan seperti ini, maka Anda harus kondisi AKI apakah masih layak pakai atau sudah harus diganti. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan dua terminal pada AKI motor kesayangan Anda agar tidak berkerak atau ada sesuatu yang mungkin bisa menghambat arus listriknya.

Service Secara Rutin

Tips merawat motor sport berikutnya adalah service motor secara rutin agar Anda bisa mengetahui apakah motor kesayangan Anda perlu mendapat perawatan atau juga mungkin ada komponen yang harus diganti. Bawalah motor Anda ke tempat service atau bengkel resmi karena jika Anda membawanya ke bengkel abal-abal bisa saja motor Anda menjadi lebih rusak.

Perhatikan Kondisi Ban dan Rantai

Terakhir adalah mengecek kondisi ban dan rantai motor. Hal yang perlu Anda ingat adalah kedua komponen memiliki peranan yang sangat penting, khususnya pada ban yang menjadi tumpuan setiap motor. Selain itu, dalam merawat motor Anda juga tidak boleh melupakan kondisi rantai yang harus diberi pelumas secara rutin dan juga periksa rantai apakah masih kencang atau sudah kendor. Jika sudah kendor, berarti rantai motor Anda sudah waktunya untuk diganti.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "6 Tips Dalam Merawat Motor Sport agar Lebih Awet dan Tahan Lama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*