5 Tips Merawat Motor Agar Selalu Tampil Prima

5 Tips Merawat Motor Agar Selalu Tampil Prima

Melihat sepeda motor berseliweran di jalan raya merupakan suatu hal yang tidak asing. Dikarenakan motor sudah menjadi barang wajib atau alat transportasi wajib yang digunakan setiap orang. Orang-orang banyak menggunakan motor untuk bepergian kesana kemari dikarenakan sifatnya yang lincah sehingga dapat menempuh jarak dengan cepat dan dapat menembus kemacetan. Jika Anda memiliki kendaraan roda dua tersebut sudah pasti harus memberikannya perhatian ekstra. Berikut 5 tips merawat motor agar selalu terlihat kinclong:

5 Tips Merawat Motor Agar Selalu Tampil Prima

Servis Rutin

Kendaraan yang dimiliki sudah pasti memiliki hak untuk selalu diservis secara rutin. Termasuk sepeda motor Anda. Salah satu tips merawat motor agar selalu tampil kinclong adalah dengan menserviskannya secara rutin. Biasanya ketentuan servis tersebut ditentukan oleh range jarak yang sudah berhasil ditempuh oleh sepeda motor itu sendiri. Entah kelipatan 1000 km ataupun kelipatan 500 km tergantung ketentuan dari produsen yang mengeluarkan motor. Tetapi bagi sebagian orang memilih untuk menserviskannya sebulan sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut sangat dianjurkan bagi para pemilik sepeda motor untuk menserviskan minimal satu bulan satu kali.

Membilas Motor Setelah Terkena Air Hujan

Setelah motor Anda terkena air hujan sebaiknya segera membilas dengan air. Apabila dirasa tidak ada waktu untuk membilas, Anda dapat melakukan alternatif lain dengan menyemprotkan air ke badan motor. Kegiatan membilas motor dengan air ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan asam yang menempel pada motor tersebut. Air hujan mengandung asam yang dapat menyebabkan proses oksidasi sehingga akan mengalami perkaratan. Selain itu air hujan yang menempel pada motor dapat menimbulkan bintik-bintik jamur yang menyebar di badan motor.

Mengecek Kondisi Air Aki

Apabila Anda memiliki motor dengan aki basah maka kegiatan ini harusnya tidak pernah luput dilakukan sebagai langkah untuk merawat motor. Elemen pada aki basah harus memiliki air yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Air aki akan mengalami penurunan jumlah sebanding dengan beban elektrikal motor tersebut. Apabila Anda tidak pernah mengecek kondisi air aki dan suatu ketika tidak terdapat airnya maka motor Anda tidak akan berfungsi. Ketika menemukan kondisi air aki berada di bawah garis normal segeralah pergi ke bengkel untuk mengisinya.

Menggunakan Bahan Bakar Sesuai Ketentuan

Pemilihan bahan bakar yang digunakan haruslah disesuaikan dengan tingkat kompresi dari kendaraan roda dua Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih bahan bakar sesuai rekomendasi dari pabrikan yang telah mengeluarkan seri kendaraan tersebut. Jangan sampai menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai karena akan memberikan dampak negatif bagi mesin motor Anda. Memilih bahan bakar yang tepat merupakan cara merawat motor yang tidak boleh diabaikan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "5 Tips Merawat Motor Agar Selalu Tampil Prima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*