5 Tips Cerdas Memilih Knalpot Mobil yang Tepat untuk Modifikasi

5 Tips Cerdas Memilih Knalpot Mobil yang Tepat untuk Modifikasi

Di era moderen ini banyak pemilik mobil yang memiliki hobi memodifikasi atau gemar mengganti beberapa komponen yang ada pada mobilnya dengan bermacam-macam tujuan. Ada yang ingin meningkatkan kenyamanan, menaikkan performa atau kinerja mobil dan ada pula yang ingin membuat tampilan mobilnya supaya lebih keren atau mengikuti trend yang sedang berlangsung. Salah satu komponen yang paling sering dimodifikasi adalah knalpot mobil. Banyak orang yang mengganti knalpot asli atau bawaan mobil mereka dengan knalpot modifikasi.

 5 Tips Cerdas Memilih Knalpot Mobil yang Tepat untuk Modifikasi

Tujuan dari mengganti knalpot itu sendiri biasanya juga berbeda-beda. Selain untuk mempercantik penampilan, biasanya supaya suara yang dihasilkan oleh mobil menjadi lebih mantap atau gagah dan menjadikan tarikan mesin lebih terasa. Namun, mengganti knalpot asli dengan knalpot modifikasi tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Karena jika sampai salah pilih justru dapat mempengaruhi kinerja mobil Anda sendiri. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada 5 tips cerdas bagaimana memilih knalpot modifikasi yang tepat untuk mobil Anda, antara lain:

  •  Perhatikan saluran pembuangan gas mobil Anda.

Jika Anda bertujuan untuk mengganti knalpot asli dengan knalpot modifikasi untuk meningkatkan performa mobil Anda, maka perhatikan terlebih dahulu struktur pada bagian saluran pembuangan gas mulai dari muffler, header, dan resonator supaya Anda dapat memahami setiap strukturnya dengan baik.

  • Memilih jenis header knalpot racing.

Tips memilih knalpot mobil modifikasi selanjutnya adalah dengan menentukan jenis header knalpot racing yang tepat. Jika memang tujuan Anda supaya performa mobil Anda menjadi lebih garang, maka langkah ini jangan sampai terlewatkan. Saat memilih jenis header knalpot, pastikan Anda sudah memahami sepenuhnya konsekuensi yang dapat mempengaruhi performa tarikan pada bagian atas maupun bawah mobil Anda.

  • Mengganti pipa knalpot.

Gantilah pipa knalpot Anda agar performa mobil semakin lebih baik. Pastikan Anda menggantinya dengan komponen yang berkualitas dan bentuk sempurna supaya tidak terjadi hambatan pada saluran pembuangan gas mobil Anda. Bentuk pipa yang memiliki lekukan dan bulat sempurna adalah bentuk yang paling banyak digunakan.

  • Variasi model knalpot.

Sebenarnya jika Anda ingin menghasilkan sebuah suara mobil yang lebih gagah, Anda cukup mengganti pada bagian mulut knalpot atau biasa disebut dengan muffler saja. Saat memilih bagian ini, sesuaikan dengan bentuk mobil Anda dan karakter suara yang Anda inginkan. semakin besar ukuran mulut knalpot, maka akan semakin rendah karakter suara yang dihasilkan.

  • Memilih material yang berkualitas.

Pilihlah knalpot yang berbahan dasar stainless still supaya awet, tahan lama dan tidak mudah berkarat. Selain itu, bahan ini juga terkenal ringan saat digunakan.

Itulah 5 tips cerdas yang bisa Anda lakukan jika ingin mengganti knalpot mobil asli dengan knalpot modifikasi supaya dapat menghasilkan performa dan karakter suara mobil sesuai yang Anda inginkan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "5 Tips Cerdas Memilih Knalpot Mobil yang Tepat untuk Modifikasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*