5 Tips Aman Merawat Mobil Agar Tetap Prima di Jalan Raya

5 Tips Aman Merawat Mobil Agar Tetap Prima di Jalan Raya

Kebanyakan orang yang memiliki mobil biasanya menyerahkan sepenuhnya perawatan mobil mereka kepada bengkel. Namun, jangan hanya mengandalkan bengkel service saja, sebaliknya para pemilik kendaraan juga turun langsung dalam merawat mobil, karena banyak detail-detail dari mobil, seperti kondisi mesin yang hanya bisa diketahui oleh sang pemiliknya saja. Tak hanya mesin saja yang butuh perawatan, bagian interior dan eksterior mobil juga tak boleh luput dari perawatan.

5 Tips Aman Merawat Mobil Agar Tetap Prima di Jalan Raya

Oleh karena itu, Anda wajib menyimak tips merawat mobil yang baik dan aman berikut ini.

Merawat Cat Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam merawat mobil adalah perawatan cat mobil. Tampilan mobil tentunya akan tergantung dengan seberapa baik Anda merawat cat luar pada mobil.  Oleh karena itu, jika Anda ingin memperbaharui cat mobil Anda, pastikan cat yang Anda gunakan adalah cat yang berkualitas tinggi. Tak hanya itu, pada saat mencuci mobil sebaiknya gunakan sabun khusus mobil dan jangan sesekali menggunakan deterjen serta gunakan lap yang berbahan lembut agar tidak menimbulkan baret pada badan mobil.

Penggunaan Bahan Bakar

Mungkin tak banyak yang tahu jika kondisi mobil sangat dipengaruhi oleh pemakaian bahan bakar. Oleh karena itu, usahakan mengisi ulang bahan bakar di tempat yang resmi agar steril dan tidak ada campuran yang nantinya akan berpengaruh terhadap performa mobil. Pasalnya penggunaan bahan bakar yang tidak murni dapat mempengaruhi kinerja mesin pada mobil Anda.

Penggantian Oli Mobil

Tips selanjutnya dalam merawat mobil adalah rutin mengganti oli. Biasanya penggantian oli dilakukan saat sudah menempuh jarak 5.000 km. Namun, jika kendaraan Anda sering terkena macet di jalan, sangat disarankan untuk melakukan pergantian setiap 7.500 km. Jangan lupa mengganti oli dengan oli berkualitas tinggi di tempat yang resmi.

Air Radiator

Perawatan air radiator seringkali dilupakan oleh banyak pemilik mobil. Namun, Anda tidak boleh meremehkan hal yang satu ini karena akan berpengaruh dengan kondisi mesin mobil Anda. Oleh karena itu, lakukan penggantian air radiator dengan air radiator yang banyak di jual di toko otomotif dan jangan sesekali mengisi pendingin mobil dengan air kotor dan asal-asalan.

Service Rutin

Dan terakhir dari tips merawat mobil secara benar adalah melakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Biasanya service ini sudah meliputi beberapa hal, seperti perawatan eksterior kendaraan, membersihkan interior kendaraan, penambahan cairan radiator, ganti oli, pengecekan kondisi aki mobil serta pemeriksaan pelumas rem. Servis bulanan juga bisa dijadikan kesempatan untuk Anda bertanya mengenai kondisi mobil secara detail, apalagi untuk yang masih awam dalam perawatan tentunya hal ini akan membantu Anda dalam menjaga performa mobil agar tetap maksimal.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "5 Tips Aman Merawat Mobil Agar Tetap Prima di Jalan Raya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*