5 Jenis Perawatan Motor Wajib untuk Kendaraan Tua Anda

5 Jenis Perawatan Motor Wajib untuk Kendaraan Tua Anda

Jika dilihat mayoritas masyarakat Indonesia memang lebih senang mengoleksi motor dibandingkan dengan mobil, selain lebih praktis juga anti macet. Tak hanya itu bahkan jika melihat dari segi harganya sendiri juga jauh lebih murah dibandingkan dengan kendaraan roda empat, inilah yang membuat hampir semua kalangan mampu untuk membeli kendaraan tersebut dengan harga yang terjangkau. Beberapa bahkan menjadikannya sebagai koleksi di rumah, namun pastinya tak sebatas menyimpannya di dalam garasi saja, kendaraan yang satu ini juga tetap butuh di rawat. Perawatan motor wajib dilakukan untuk membuat performanya tetap optimal juga kondisinya yang selalu tampak seperti baru.

 5 Jenis Perawatan Motor Wajib untuk Kendaraan Tua Anda

Tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda jika seandainya kendaraan bermesin sama halnya dengan tubuh manusia yang juga sangat rentan mengalami kerusakan. Itulah mengapa harus selalu dijaga agar tidak mudah bermasalah, perawatan dari luar maupun pada bagian dalamnya. Apalagi jika usia kendaraan Anda sudah terbilang tua. Berikut ini ada beberapa perawatan motor tua yang wajib dilakukan untuk menjaga kualitasnya, yaitu: 

  1. Utamakan untuk selalu membersihkan bagian luar kendaraan, cuci secara rutin, karena bagaimanapun kendaraan yang sudah berumur memang paling rentan mengalami masalah dengan bagian tampilan luarnya, salah satu diantaranya adalah bisa menyebabkan terjadinya karat. Jadi harus rutin dicuci apalagi setelah digunakan hujan-hujanan.
  2. Lebih baik mengganti dengan onderdil yang asli dibandingkan palsu, memang ada kalanya yang KW menjadi pilihan karena tawaran harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Hanya saja satu hal juga yang harus Anda ketahui bahwa seri KW ini paling rentan mengalami masalah, jadi sayang jika Anda harus keluar banyak uang untuk beli lagi.
  3. Rajin ganti pelumasnya, masalah adalah kendaraan tua paling boros dalam hal pemakaian oli dibandingkan dengan kendaraan baru, biasanya baru jarak beberapa puluh kilometer saja sudah aus, itulah mengapa kolektor diwajibkan untuk lebih rajin dalam mengganti pelumasnya jika tak ingin mesin bermasalah.
  4. Selalu mengecek bagian pengapiannya, motor sulit untuk di starter bisa jadi bagian pengapiannya tidak berfungsi secara optimal ketika dinyalakan, sehingga mau tidak mau harus selalu diganti dengan yang baru, pastikan juga rajin-rajin dalam melakukan pengecekan.
  5. Jauhkan dari hal-hal yang menyebabkan karat, misalnya saja adalah kondisi lingkungan yang terlalu lembab, parkir di luar ruangan yang menyebabkan motor terkena sinar matahari sampai dengan air hujan. Hal-hal semacam ini paling mudah menyebabkan bahan metal mengalami korosi yang memicu karat.

Perawatan motor rutin lain adalah dengan service secara berkala untuk memastikan bahwa performa dari kendaraan tersebut tetap optimal. Jika kendaraan dirawat dengan tepat tak peduli berapapun usianya maka akan tetap berkualitas digunakan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "5 Jenis Perawatan Motor Wajib untuk Kendaraan Tua Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*