4 Fakta tentang Jl. Ibu Inggit Garnasih, Pusat Jual-Beli Motor Bekas di Bandung

Membeli barang bekas tidak selalu buruk, terutama jika yang dibeli adalah motor. Yang terpenting para pembeli kendaraan bekas perlu memeriksa kelengkapan surat agar dapat mengetahui besar biaya balik nama motor.

Bagi orang yang baru ingin membeli motor bekas pertama kali, penting untuk memahami cara balik nama motor, yaitu mengganti nama pada STNK motor dari pemilik lama ke pemilik baru. Hal tersebut dilakukan agar pembeli dapat menjadi pemilik sah kendaraan tersebut.

Terkait tempat pembelian, dapat dilakukan melalui toko online yang terpercaya atau bisa dengan mendatangi langsung tempat penjualan motor tersebut. Jl. Ibu Inggit Garnasih, merupakan surga bagi para pembeli motor bekas di Bandung.

Motor yang dijual beragam, mulai dari motor keluaran terbaru hingga motor-motor antik. Pola penjualan dilakukan dengan menjajakan motor-motor yang akan dijual. Lalu proses tawar-menawar akan dilakukan secara langsung.

Jika penjual merupakan perseorangan, maka perjanjian pembayaran bisa diatur lebih fleksibel. Sedangkan jika dilakukan oleh dealer motor tertentu, makan proses transaksi biasanya memiliki pola pembayaran tertentu.

Tempat jual motor bekas di Jln. Ibu Inggit Garnasih sudah dikenal luas, terutama di kalangan masyarakat Bandung itu sendiri. Berikut beberapa fakta tentang tempat tersebut.

 

  1. Dahulu Bernama Jl. Ciateul.

Hingga saat ini, masih banyak yang menyebut dan mengenal tempat tersebut dengan nama Jl. Ciateul. Menurut cerita dari orang-orang Bandung, pemberian nama tersebut karena daerah tersebut pernah dilanda banjir yang parah.

Akibatnya banyak masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut yang terkena penyakit kulit pasca-banjir dan gatal–gatal. Berangkat dari peristiwa tersebut, tempat itu dinamakan Ciateul, yang dalam bahasa Sunda ‘Ci’ berarti air dan ‘Ateul’ dari kata gatal.

 

  1. Berganti nama sebagai bentuk penghormatan

Penggantian nama dari Ciateul mejadi “Ibu Inggit Garnasih” pada November 1997. Nama tersebut diambil dari nama Inggit Garnasih, istri ke-2 Presiden Soekarno yang tinggal di jalan itu.

Inggit Garnasih kerap disebut dalam sejarah sebagai perempuan yang setia menemani Presiden Soekarno, sebelum kemerdekaan. Terlebih saat Soekarno tengah dalam pengasingan. Namun, akhirnya Inggit Garnasih dan Soekarno bercerai karena tak mau dipoligami.

Setelah bercerai, Inggit pergi ke Bandung dan tinggal di jalan Ciateul sampai akhir hayatnya. Rumah peninggalan Inggit Garnasih kemudikan dijadikan museum dan namanya diabadikan menjadi nama jalan menggantikan Ciateul.

 

  1. Terdapat Showroom

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya jalan tersebut dijadikan tempat untuk menjajakan motor bekas. Namun, berdasarkan penuturan warga sekitar, sudah sejak tahun 1990-an orang telah berjualan tersebut.

Permintaan motor bekas di kawasan tersebut semakin meningkat, semakin banyak penjual yang menjajakan motor di tempat tersebut. Hal tersebut terjadi karena kerap menjual motor bekas yang bagus, memiliki kelengkapan surat, dan body motor yang masih bagus.

Beberapa penjual pun melihat hal tersebut sebagai peluang usaha, sehingga banyak penjual yang sebelumnya hanya menjajakan pohon di pinggir jalan, jadi membuka showroom dengan menyewa salah satu rumah di jalan tersebut.

Meski demikian, masih banyak juga penjual yang menjajakan motor dengan cara lama, yaitu menjejer potor di pinggir jalan, di bawah pepohonan, sepanjang jl. Ibu Inggit Garnasih.

 

  1. Bisa Cicil!

Meski terdapat penjual perseorangan, pembayaran motol yang dijual dapat dicicil oleh pembeli. Caranya adalah membeli melalui dana pinjaman dari koperasi yang ada di jalan tersebut.

Para penjual umumnya telah bekerja sama dengan koperasi tersebut, sehingga jika ada pembeli yang tertarik tapi tidak punya cukup uang sesuai dengan harga jual, dapat meminjam pada koperasi, lalu membayar angsuran pinjaman ke koperasi

 

Sumber Gambar :

https://www.pexels.com/photo/abandoned-daylight-motor-scooter-motorbike-286520/

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "4 Fakta tentang Jl. Ibu Inggit Garnasih, Pusat Jual-Beli Motor Bekas di Bandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*