4 Cara Merawat Mobil Tua Supaya Awet dan Tetap Mempesona

Kendaraan jenis mobil rupanya hampir sama dengan manusia, yakni mereka memiliki usia sehingga bisa disebut mobil tua atau mobil muda. Mobil dikatakan sudah tua jika termasuk ke dalam mobil klasik dengan model jadul yang sempat digemari di masanya dulu. Sementara untuk mobil yang baru dirilis vendor nya ke pasaran disebut sebagai mobil muda yang memang belum pernah dipakai sama sekali. Anda lebih suka mobil yang mana? Tentunya setiap orang memiliki pilihannya sendiri, meski tua namun peminatnya masih banyak bahkan komunitas nya tidak sedikit.

Belajar Merawat Mobil Usia Tua Agar Awet

Perawatan yang tepat akan mampu meremajakan mobil klasik yang Anda miliki mampu memberikan performa secara maksimal. Bagi pemilik mobil klasik ternyata tidak perlu repot merawatnya sebab ada beberapa perawatan sederhana yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Hindari menjemur mobil terlalu lama,

Mobil berumur lanjut biasanya memiliki pengalaman lebih panjang selama digunakan, bagian bodynya terbilang lebih rapuh. Maka pertimbangkan untuk mengganti cat body dengan yang kualitasnya terbaik dan hindari menjemur mobil terlalu lama. Pasalnya paparan sinar matahari berdampak kurang baik bagi body dan cat yang menempel, supaya awet parkir di tempat teduh.

Baca Juga: Review 4 Mobil Tua dan Antik Paling Mahal Di Dunia

  • Lakukan ganti oli lebih sering,

Bisa dikatakan mobil tua memerlukan proses ganti oli lebih sering dibanding mobil yang masih baru diproduksi oleh pabrik. Piston pada mesin mobil cenderung bekerja tidak sebaik piston pada mobil baru sehingga butuh dukungan pelumas atau oli secara efisien. Anda perlu melakukan penggantian oli lebih sering untuk mencegah kerusakan mesin yang lebih parah. Supaya performanya sendiri terjaga dengan baik pilih oli berkualitas tinggi, sehingga mesin mobil tidak mudah aus.

  • Lakukan service secara teratur,

Mengunjungi bengkel untuk melakukan service pun baiknya dilakukan secara teratur, usahakan per tiga bulan sekali masuk ke bengkel. Menjumpai keluhan atau tidak melakukan service rutin akan memastikan mobil tersebut dalam kondisi prima. Jika jarang di service maka kerusakan pada komponen mobil akan sulit terdeteksi, sekali diketahui akan menelan biaya besar. Sebab sebagaimana mobil berusia senja dengan mesin yang sama tuanya akan mudah rusak dan jika dibiarkan akan membuatnya semakin parah.

  • Perbaiki bagian interior mobil secara berkala,

Selain bagian dalaman mobil tentu bagian luar mobil yang nampak oleh mata telanjang perlu diperhatikan dengan seksama. Selain memberikan cat baru pada body mobil klasik Anda, pastikan merawat bagian interior. Ganti kulit jok mobil ke yang lebih baru supaya tampilannya tidak kalah keren dengan mobil gress di dealer. Ganti pula karpet di dalamnya supaya tampil lebih maksimal, jangan lupa dilakukan secara berkala supaya mobil tua tersebut selain tetap gahar juga mempesona.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "4 Cara Merawat Mobil Tua Supaya Awet dan Tetap Mempesona"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*