3 Cara Mudah Merawat Busi Motor Agar Tarikan Kendaraan Tidak Mudah Ngadat

3 Cara Mudah Merawat Busi Motor Agar Tarikan Kendaraan Tidak Mudah Ngadat

Meskipun pada dasarnya kendaraan bermotor sudah menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi masyarakat, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya barang-barang semacam ini tidak hanya bisa digunakan begitu saja, ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar sampai dengan perawatannya. Apalagi beberapa komponen atau sparepart kendaraan juga paling rentan mengalami masalah, salah satu diantaranya adalah busi motor.

3 Cara Mudah Merawat Busi Motor Agar Tarikan Kendaraan Tidak Mudah Ngadat 

Tentunya bukan hal yang baru lagi, bagi Anda yang sudah paham akan seluk beluk otomotif, mengingat beberapa bagian diantara kendaraan memang ada yang wajib harus dilakukan pergantian secara teratur, salah satu diantaranya adalah bagian oli, kemudian juga air aki, sampai dengan bagian ban yang paling mudah aus. Jika tidak segera diganti tentunya akan mempengaruhi performa dari kendaraan tersebut bukan.

Busi motor ini juga masuk salah satu komponen penting sebagai penghasil daya listrik agar nantinya kendaraan bisa menyala, ketika tidak diganti saat kondisinya mulai turun, maka kendaraan Anda secara otomatis tidak akan bisa dipakai bukan. Hanya saja memang ada kalanya busi tersebut mengalami masalah bukan disebabkan oleh usia, melainkan juga perawatan yang salah, sehingga mudah rusak. Berikut ini beberapa cara merawat busi agar lebih awet, diantaranya adalah: 

  1. Jangan membersihkan kerak di kepala busi dengan mengandalkan amplas, ada kalanya karena terlalu lama dipakai maka beberapa bagian dari busi tersebut akan mengalami korosi atau munculnya kerak. Beberapa orang membersihkannya dengan mengikis kerak menggunakan amplas, hasilnya memang optimal dalam menghilangkan bagian yang berkerak tersebut, namun karena bagian kepalanya terkikis, maka secara otomatis akan memicu masalah, diantaranya busi tak akan dapat menghantarkan listrik. Jadi cukup dibersihkan biasa tanpa mengamplasnya.
  2. Lakukan pengecekan kerapatan dari kepala busi, biasanya karena sering digunakan, bahkan juga penggunaan yang tidak hati-hati sehingga memicu motor jatuh dan sebagainya, hal ini bisa menyebabkan kerapatan pada bagian kepala busi terlalu longgar atau jaraknya sangat jauh, tentunya aliran listrik tak akan bisa dihantarkan, membuat motor sulit untuk dinyalakan.
  3. Membersihkan kerak pada kepala busi, sebelumnya ketebalan dari kerak yang menempel pada bagian kepala ini juga harus diperhitungkan, mengingat ada beberapa ukuran dimana kerak masih tergolong aman, artinya tetap bisa membuat motor menyala secara normal, namun ada kalanya ketika kerak memasuki ukuran yang terlalu penuh tentu akan menyebabkan aliran listrik tidak akan bisa dihantarkan secara sempurna bukan.

 Simak juga tips membeli busi sesuai kriteria motor anda agar tidak salah pilih. Baca selengkapnya di autolapak.com

Cukup dengan 3 hal tersebut untuk merawat busi motor Anda, meskipun bagian yang satu ini bisa secara mudah diganti dengan yang baru ketika sudah rusak, namun dengan perawatan yang tepat bisa membuat Anda lebih hemat dalam pengeluarannya bukan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "3 Cara Mudah Merawat Busi Motor Agar Tarikan Kendaraan Tidak Mudah Ngadat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*